dc.contributor.author | Kalsum, Umi | |
dc.date.accessioned | 2020-11-17T08:26:40Z | |
dc.date.available | 2020-11-17T08:26:40Z | |
dc.date.issued | 2017 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12824 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Snow Balling efektif terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 5 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 64 siswa. Adapun sampel dalam penelitian adalah kelas VII-A berjumlah 32 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII-B berjumlah 32 siswa sebagai kelas Kontrol. Untuk kelas eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model Snow Balling, sedangkan kelas kontrol pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VII-A sebagai uji isntrumen. Berdasarkan analisis data dalam diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Snow Balling dengan model Konvensional dilihat berdasarkan uji gain ternomalisasi pada kelas eksperimen sebesar 85% tergolong Tinggi dan kelas kontrol sebesar 61% tergolong sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran Snow Balling efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 5 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 | en_US |
dc.subject | Efektivitas | en_US |
dc.subject | Model Snow Balling | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Matematika | en_US |
dc.title | Efektivitas Pembelajaran Model Snow Balling Terhadap Kemampuan Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 5 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |