Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model
pembelajaran Snow Balling efektif terhadap kemampuan belajar matematika pada
siswa SMP Muhammadiyah 5 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Medan
Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 64 siswa. Adapun sampel dalam
penelitian adalah kelas VII-A berjumlah 32 siswa sebagai kelas Eksperimen dan
kelas VII-B berjumlah 32 siswa sebagai kelas Kontrol. Untuk kelas eksperimen
pembelajaran dengan menggunakan model Snow Balling, sedangkan kelas kontrol
pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Instrumen yang
digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VII-A sebagai uji
isntrumen. Berdasarkan analisis data dalam diperoleh bahwa terdapat perbedaan
antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Snow Balling dengan
model Konvensional dilihat berdasarkan uji gain ternomalisasi pada kelas
eksperimen sebesar 85% tergolong Tinggi dan kelas kontrol sebesar 61%
tergolong sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas
penggunaan model pembelajaran Snow Balling efektif dalam pembelajaran
matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 5 Medan Tahun Pelajaran
2016/2017