Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah
pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan teknik Quick on the Draw
lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan
pembelajaran konvensional. Sebagai tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
Apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan teknik Quick on the
Draw lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan
pembelajaran konvensional. instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes
yang berbentuk esai sebanyak 6 soal. Yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah
kelas VIII E yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F yang
berjumlah 36 siswa. Dari hasil penelitian menggunakan uji t diperoleh thitung = 6,5074 dan ttabel = 1,995, untuk taraf signifikan α = 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman
konsep matematis siswa yang menerapankan teknik Quick On The Draw lebih baik
daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran
konvensional di SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017.