Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan teknik Buzz
Group dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs AlJam’iyatul Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah apakah belajar menggunakan teknik Buzz Group dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa MTs Al-Jam’iyatul Washliyah
Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII-9 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang
berjumlah 39 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan teknik Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes
tertulis dalam bentuk essai test sebanyak 4 tahap tes yang terdiri dari 5 butir soal
untuk tes awal, 7 butir soal untuk siklus I, 7 butir soal untuk siklus II dan 7 butir soal
untuk siklus III. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar
siswa. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat
ketuntasan dengan menggunakan teknik Buzz Group pada siklus I mencapai 43%
siswa yang tuntas dalam pembelajaran, pada siklus II meningkat menjadi 67% siswa
yang tuntas dalam pembelajaran dan pada siklus III meningkat menjadi 87% siswa
yang tuntas. Dimana pada siklus I terdapat 22 siswa (57%) yang tidak tuntas, pada
siklus II terdapat 13 siswa (33%) yang belum tuntas dan pada siklus III hanya
terdapat 5 siswa (13%) yang tidak tuntas. Terbukti bahwa terdapat peningkatan
ketuntasan belajar siswa kelas VII-9 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Tahun
Pelajaran 2016/2017 melalui teknik Buzz Group pada materi himpunan yaitu dari
siklus I (43%) ke siklus II (67%) meningkat sebanyak 24% dan dari siklus II (67%)
ke siklus III (87%) meningkat sebanyak 20%.