Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode peer
tutoring dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika
di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak ? dan bagaimanakah penerapan metode
peer tutoring dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak ?. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui untuk mengetahui apakah penerapan metode peer tutoring dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di SMK
Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak dan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan
metode peer tutoring dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Subyek dari penelitian
tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TKR 4 SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan
Perak yang berjumlah 41 siswa, yang terdiri dari 41 siswa laki-laki. Dan objek
penelitian ini adalah penerapan Metode Peer Tutoring dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak T.P 2016/2017. Dari hasil
penelitian dapat dilihat peningkatan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan
bangun datar dengan nilai rata-rata persentase hasil angket motivasibelajar siswa pada
siklus I 66,3%, dan pada siklus II meningkat menjadi 72,0% dan pada siklus III
meningkat menjadi 81,0%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
Metode Peer Tutoring dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI TKR 4
SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak T.P 2016/2017.