dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan berpikir positif dalam
menghadi masalah belajar siswa dengan menggunakan layanan bimbingan
kelompok. Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses
memasukan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran yang konstruktif
(membangun) bagi perkembangan pikiran. Pikiran positif menghadirkan
kebahagian, sukacita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan
tindakan. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui
layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan berpikir positif dalam
menghadapi masalah belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Islam Terpadu
Binjai. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Purposive Sampling.
Untuk memperoleh data yang pasti dan relative cepat dalam menghimpun data
atau informasi peneliti menggunakan instrument berupa observasi dan
wawancara. Berdasarkan data diatas mengenai layanan bimbingan kelompok di
SMP Negeri 15 Islam Terpadu Binjai Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 8 orang
yang teridentifikasi pada kegiatan layanan pertemuan pertama masih belum
adanya perubahan. Dan dilakukan pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan
kelompok yang kedua adanya peningkatan cara berpikir positif pada siswa.
Sebanyak 6 orang dikategorikan adanya peningkatan dalam dirinya dan sebanyak
2 orang masih belum terlihat adanya perubahan dalam dirinya. |
en_US |