Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini
:Bagaimana keefektifan Belajar menggunakan Model Examples Non Examples Pada
Siswa SMP Bina Satria T.P 2016/2017? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-2 SMP Bina Satria T.P 2016/2017, yang berjumlah 34 siswa dan yang menjadi
objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika
menggunakan model Examples Non Examples. Metode yang digunakan adalah
metode Deskriptif Kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi
meliputi : (aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar 54,00
dengan 9 siswa yang tuntas dan 25 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan
klasikal sebesar 26,5%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar
siswa sebesar 83,7% dengan 29 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas serta
tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 85,37%. Ditinjau dari
aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 77,75% dan berada dalam kategori
Efektif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran memperoleh persentase sebesar 87,5% dan berada dalam kategori
Efektif dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh
persentase sebesar 84,7% dan berada dalam kategori Efektif dalam merespon
pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan Model Examples
Non Examples pada materi Lingkaran efektif pada siswa kelas VIII-2 SMP Bina
Satria T.P 2016/2017.