dc.description.abstract |
Komunikasi berperan penting dalam segala aspek kehidupan, karena
memberikan sumbangsih besar dalam proses penyampaian pesan berupa informasi
dan pengetahuan khusunya dalam pendidikan. Bagaimana mungkin memberikan
informasi tanpa melakukan komunikasi, mengajar manusia tanpa berkomunikasi.
Pelaku komunikasi dalam dunia pendidikan adalah guru sebagai komunikator dan
anak didik sebagai komunikan. Seorang guru harus mempunyai kompetensi
komunikasi yang baik dalam memberikan pesan atau materi pelajaran agar
terciptanya kondisi belajar interaktif antara guru dan peserta didik maupun peserta
didik dengan peserta didik lainnya sehingga menghasilkan generasi dan SDM
cerdas dan tercapainya tujuan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kompetensi komunikasi guru dalam menciptakan
suasana belajar interaktif di SDN 013871 Sei Suka Deras Kabupaten Batu Bara.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme, teori ini
menjelaskan bagaimana kemampuan atau kecakapan individual dalam
berkomunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang
diperoleh melalui instrumen penelitian dengan narasumber 10 (sepuluh) orang
yang terbagi yang terbagi menjadi 6 (enam) orang guru kelas dan 4 (empat) orang
peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi komunikasi guru SDN
013871 Sei Suka Deras sudah cukup baik, itu dilihat dari kemampuan guru
memberikan pesan atau materi pelajaran sehingga dipahami dengan baik oleh
peserta didik, mengelola kelas dengan baik, dan menggunakan komuniaksi verbal
dan nonverbal dengan baik. |
en_US |