Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik buzz group efektif dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok
bahasan himpunan di kelas VII-B SMP Rahmat Islamiyah Medan T.P 2016/2017.
Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes
tertulis dalam bentuk uraian sebanyak 4 tes yang terdiri dari 5 butir soal untuk tes
kemampuan awal, 8 butir soal untuk Siklus I,8 butir soal untuk siklus II dan 8 butir
soal untuk siklus III. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas
belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran serta respon siswa terhadap
pembelajaran. Dari hasil penelitian tindakan kelas berhasil diperoleh peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematika. Keefektifan belajar matematika
ditinjau dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I ketuntasan 10 orang siswa
(27.03%), pada siklus II ketuntasan 24 orang siswa (64.86%), dan pada siklus III
ketuntasan 33 orang siswa (89.19%). Keefektifan belajar matematika ditinjau dari
aktivitas belajar siswa, terdapat peningkatan presentase keaktifan. Pada siklus I
sebesar 53% dan berada pada kategori cukup aktif, pada siklus II sebesar 78% dan
berada pada kategori aktif dan pada siklus III sebesar 86% dan berada pada kategori
sangat aktif. Keefektifan belajar matematika ditinjau dari kemampuan guru
mengelola pembelajaran setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan teknik
buzz group, pemaksimalan motivasi kepada siswa, terlibatnya siswa dalam
pembelajaran kelompok dapat membuat siswa terdapat peningkatan presentase yang
pada siklus I 55% dan berada pada kategori cukup positif, pada siklus II sebesar 71%
dan berada pada kategori baik dan pada siklus III sebesar 94% dan berada pada
kategori sangat baik. Keefektifan belajar siswa ditinjau dari respon siswa terdapat
peningkatan presentase yang pada siklus I sebesar 65% dan berada pada kategori
kurang positif, pada siklus II sebesar 80% dan berapa pada kategori positif, dan pada
siklus III sebesar 95% dan berada pada kategori sangat positif. Berdasarkan rincian
hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan
teknik buzz group pada siswa SMP rahmat Islamiyah Medan Tahun Pelajaran
2016/2017 pada pokok bahasan himpunan efektif.