Research Repository

Analisis Keefektifan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Hardiyanti, Rati
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:23:31Z
dc.date.available 2020-11-17T08:23:31Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12815
dc.description.abstract Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu menghubungankan antara pengalaman belajar disekolah dengan kehidupan nyata sehinnga materi yang dipelajari akan tertanam erat dalam memori siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini: Bagaimanakah hasil belajar matematika dengan menggunakan model contextual teaching and lerning (CTL) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan? Dan apakah model contextual teaching and lerning (CTL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017 dengan jumlah 35 siswa dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Analisis keefektifan model contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Lingkaran pada siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretestposttest. Instrumen yang digunakan adalah tes. Pada tes awal (pre-test) diperoleh ratarata hasil belajar siswa yaitu 63 dengan skor maksimal 90 dan skor minimal 35 Sedangkan dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) (post-test) diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yaitu 87,86 dengan skor maksimal 95 dan skor minimal 60 . dengan melakukan uji-t pada pretes yaitu 32,83 1,697 dan pada pos-test yaitu , ini berarti model Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan juga pada uji gain diperoleh rata-rata indeks gain yaitu 0,8 dimana kategori tersebut termasuk pada kategori tinggi. Dengan demikian hasil belajar dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat baik, yaitu terlihat jelas dari pengujian yang telah dilakukan. Dan model Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar, efektif dilihat dari adanya peningkatan dari hasil belajar siswa. en_US
dc.subject Keefektifan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Analisis Keefektifan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account