Abstract:
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu
menghubungankan antara pengalaman belajar disekolah dengan kehidupan nyata
sehinnga materi yang dipelajari akan tertanam erat dalam memori siswa Tujuan
penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini: Bagaimanakah
hasil belajar matematika dengan menggunakan model contextual teaching and
lerning (CTL) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan? Dan apakah model
contextual teaching and lerning (CTL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar
matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan?. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017 dengan jumlah
35 siswa dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Analisis keefektifan
model contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar
matematika pada materi Lingkaran pada siswa SMP Negeri 24 Medan T.P
2016/2017. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretestposttest. Instrumen yang digunakan adalah tes. Pada tes awal (pre-test) diperoleh ratarata hasil belajar siswa yaitu 63 dengan skor maksimal 90 dan skor minimal 35
Sedangkan dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL)
(post-test) diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yaitu 87,86 dengan skor maksimal
95 dan skor minimal 60 . dengan melakukan uji-t pada pretes yaitu
32,83 1,697 dan pada pos-test yaitu , ini berarti
model Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif dalam meningkatkan hasil
belajar dan juga pada uji gain diperoleh rata-rata indeks gain yaitu 0,8 dimana
kategori tersebut termasuk pada kategori tinggi. Dengan demikian hasil belajar
dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat baik,
yaitu terlihat jelas dari pengujian yang telah dilakukan. Dan model Contextual
Teaching and Learning (CTL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar, efektif
dilihat dari adanya peningkatan dari hasil belajar siswa.