Research Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Huruf AlQur’an Menggunakan Kartu Huruf Di Kelas III SD Negeri 054906 Tebasan Lama Kab. Langkat

Show simple item record

dc.contributor.author Sriyani
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:23:31Z
dc.date.available 2020-11-17T08:23:31Z
dc.date.issued 2017-01-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12814
dc.description.abstract Al-Qur’an adalah kitab umat muslim yang diwajibkan bagi muslim pula untuk membaca dan mempelajarinya. Hal ini dilakukan agar siswa merasa akrab dan familiar dengan bacaan-bacaan yang terdapat di dalam Al-Qur’an tersebut. Untuk lebih membiasakan diri dengan ayat-ayat Al-Qur’an, tentunya haruslah dibiasakan bagi siswa untuk menulis huruf-huruf hijaiyah yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Namun, siswa-siswi kelas III SDN 054906 Tebasan Lama dalam materi menulis huruf Al- Qur’an belum mengalami peningkatan. Untuk itu, dilaksanakanlah sebuah penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar menulis huruf Al- Qur’an dapat meningkat menggunakan kartu huruf di Kelas III SD Negeri 054906 Tebasan Lama Kab. Langkat? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 054906 Tebasan Lama Kab. Langkat Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan berapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Adanya peningkatan hasil belajar menulis huruf Al-Qur’an siswa menggunakan kartu huruf yaitu pada pra siklus hasil belajar menulis huruf Al-Qur’an adalah 16%. Pada siklus 1 hasil belajar menulis huruf Al-Qur’an meningkat menjadi 16%. Pada siklus 2 hasil belajar menulis huruf Al-Qur’an meningkat sampai angka 48%. Pada siklus 3 hasil belajar menulis huruf Al-Qur’an meningkat sampai angka 80%. Dari hasil observasi siklus 1 sampai siklus 3 maka kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar menulis huruf Al-Qur’an siswa. en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Menulis Huruf Al-Qur’an dan Kartu Huruf en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Huruf AlQur’an Menggunakan Kartu Huruf Di Kelas III SD Negeri 054906 Tebasan Lama Kab. Langkat en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account