Research Repository

Analisis keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Ropika
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:23:24Z
dc.date.available 2020-11-17T08:23:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12813
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini : Bagaimana keefektifan belajar matematika menggunakan Model Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017? Masalah dirumuskan sebagai berikut: 1. Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran menggunakan Model Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017? 2.Bagaimana aktivitas belajar matematika siswa menggunakan Model Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017? 3. Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan Model Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017? 4. Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran yang positif menggunakan Model Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017?Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA MAS YASPI Medan T.P 2016/2017, yang berjumlah 44 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika menggunakan model time token. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi meliputi : (aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar 64,77 dengan 21 siswa yang tuntas dan 23 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 47%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80 dengan 39 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88,63%. Ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 74% dan berada dalam kategori aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase sebesar 81% dan berada dalam kategori baik dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase sebesar 78% dan berada dalam kategori Positif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model time token pada materi peluang efektif pada siswa kelas XI-IPA MAS YASPI Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Keefektifan Belajar Matematika Siswa en_US
dc.subject Model Time Token en_US
dc.title Analisis keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account