Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini :
Bagaimana keefektifan belajar matematika menggunakan Model Time Token Pada
Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017? Masalah dirumuskan sebagai berikut:
1. Bagaimana ketercapaian tujuan pembelajaran menggunakan Model Time Token
Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017? 2.Bagaimana aktivitas belajar
matematika siswa menggunakan Model Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan
T.P 2016/2017? 3. Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran
menggunakan Model Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017?
4. Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran yang positif menggunakan Model
Time Token Pada Siswa MAS YASPI Medan T.P 2016/2017?Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas XI-IPA MAS YASPI Medan T.P 2016/2017, yang berjumlah 44
siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
keefektifan belajar matematika menggunakan model time token. Metode yang
digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrument yang digunakan adalah
tes, observasi meliputi : (aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil
belajar 64,77 dengan 21 siswa yang tuntas dan 23 siswa yang tidak tuntas serta
tingkat ketuntasan klasikal sebesar 47%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata
hasil belajar siswa sebesar 80 dengan 39 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang tidak
tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88,63%. Ditinjau
dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 74% dan berada dalam kategori
aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran memperoleh persentase sebesar 81% dan berada dalam kategori baik
dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase
sebesar 78% dan berada dalam kategori Positif dalam merespon pembelajaran
dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model time token pada
materi peluang efektif pada siswa kelas XI-IPA MAS YASPI Medan T.P 2016/2017.