Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Pelajara 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Zubaidah, Riantini
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:22:46Z
dc.date.available 2020-11-17T08:22:46Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12811
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika secara efektif pada siswa SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 24 orang siswa yang seluruhnya adalah siswa perempuan. Dan objek penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dalam setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus, siswa diberi tes akhir untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi Barisan dan Deret. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian dari 24 orang siswa pada tes awal terdapat 6 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 25% dengan nilai ratarata 53, ternyata pada tes awal belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus I ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa sedikit meningkat yaitu terdapat 11 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 45,8% dengan nilai rata-rata 60, ternyata pada siklus I belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus II ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa semakin meningkat yaitu terdapat 21 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar 87,5% dengan rata-rata 71. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan Barisan dan Deret di kelas XI Akuntansi SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Matematika en_US
dc.subject Model Pembelajaran Berbasis Masalah en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Pelajara 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account