Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apakah model
pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa
pada pokok bahasan Bangun Datar kelas VIII-2 SMP An-Nadwa Islamich Chentere
Binjai T.P 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang masing masing terdiri dari 5 buah soal.
Sementara, observasi dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar siswa. Subjek
penelitian ini siswa kelas VIII-2 di SMP An-Nadwa Islamich Chentere Binjai T.P
2016/2017 yang berjumlah 30 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan
menggunakan Model Pembelajaran Take And Give untuk meningkatkan keaktifan
belajar matematita siswa. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I hasil ketuntasan
siswa 56,67 % atau 17 siswa yang tuntas dari 30 siswa dan observasi keaktifan siswa
yaitu 3,30 dengan kategori tidak baik, maka harus dilanjutkan ke siklus II. Hasil
belajar siswa pada siklus ii menunjukkan peningkatan yaitu 28 siswa yang mencapai
ketuntasan hasil belajar atau 83,3 %, pada siklus II ini yang menjadi tujuan penelitian
ini sudah tercapai dan ternyata pada siklus II ini juga mengalami peningkatan
observasi nilai rata-rata keaktifan siswa yaitu 4,30 dengan kategori baik. Dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Take And Give pada
pokok bahasan lingkaran terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika
pada siswa kelas VIII-2 SMP An-Nadwa Islamich Chentere Binjai T.P 2016/2017.