Research Repository

Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Think Talk Write Pada Siswa SMP Terbuka Negeri 5 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Imanda, Putri
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:21:00Z
dc.date.available 2020-11-17T08:21:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12808
dc.description.abstract Masalah penelitian ini adalah kurang tercapainya tujuan pembelajaran dan ketuntasan belajar, kurangnya aktifitas siswa dalam belajar, kurangnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, kurangnya respon siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini : Bagaimana keefektifan pembelajaran menggunakan Model Think Talk write Pada Siswa MTs Negeri 5 Medan T.P 2016/2017? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Medan T.P 2016/2017, yang berjumlah 35 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika menggunakan model learning cycle. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi meliputi : (aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar 57,42 dengan 5 siswa yang tuntas dan 30 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 14,28%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,57% dengan 31 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88,57%. Ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 85,02% dan berada dalam kategori aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase sebesar 89,25% dan berada dalam kategori baik dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase sebesar 82,44% dan berada dalam kategori Positif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model learning cycle pada materi lingkaran efektif pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Keefektifan Belajar Matematika Siswa en_US
dc.subject Model Learning Cycle en_US
dc.title Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Think Talk Write Pada Siswa SMP Terbuka Negeri 5 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account