dc.description.abstract |
Sholat adalah amalan utama umat islam, karena sholat yang baik dapat
mencegah perbuatan keji dan mungkar. Dalam rangkaian sholat terdapat bacaan
Do‟a iftitah dan membaca do‟a iftitah merupakan salah satu keutamaan sunnah
dalam sholat. Di dalam membaca do‟a iftitah, jika dilihat dari arti bacaannya
terdapat beberapa faedah diantaranya ialah supaya sholat yang dilaksanakan
menjadi semakin khusuk dan terhindar dari kesalahan dalam sholat serta
pembersih hati saat mengerjakan sholat.Tetapi agaknya bagi siswa sekolah dasar
mengerjakan sholat menjadi hal yang sulit di lakukan dikarenakan bacaan-bacaan
sholat yang teramat panjang terutama do‟a iftitah. Akibatnya siswa jadi malas
mengerjakan sholat. Dampak lebih buruk lagi hasil belajar mengenai hafalan
siswa menjadi menurun terlebih pada pelajaran hafalan do‟a Iftitah Maka dari itu
perlu adanya pembelajaran menghafal do‟a Iftitah dengan metode yang langsung
di praktikkan oleh guru dan di ikuti siswa, metode yang digunakan yaitu metode
Demonstrasi, karana metode demonstrasi di rasa cukup efektif untuk materi
hafalan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II pada Sekolah Dasar Negeri
050662 Perdamaian Kab.Langkat tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bersifat
kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Prosedur penelitian
dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk
mendapatkan data dan analisis melalui observasi dan dokumentasi. Pelaksaan
penelitian dilakukan melalui dua siklus yang dirancang secara sistematis dengan
beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian bahwa ada peningkatan hasil belajar menghafal do‟a iftitah
siswa menggunakan Metode Demonstrasi yakni siklus 1 sampai siklus 2 dapat
dilihat bahwa adanya peningkatan yaitu pada siklus 1 hasil belajar menghafal do‟a
iftitah siswa meningkat 60%, pada siklus 2 hasil belajar menghafal do‟a iftitah
siswa meningkat sampai 86%.
Dari hasil pelaksanaan PTK siklus pertama dan dua dapat disimpulkan
bahwa dengan melalui Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar
menghafal do‟a iftitah siswa. |
en_US |