Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Listening Team terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik teks
drama oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu tahun
pembelajaran 2017-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu yang berjumlah 120 siswa,
sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 dengan
masing-masing kelas sampel berjumlah 40 siswa yang telah ditentukan sebelumnya
menggunakan teknik random sampling. Adapun metode penelitian yang digunakan
adalah eksperimen kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah postes berbentuk soal
uraian pada materi mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik teks drama.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh keterangan bahwa pada kelas
eksperimen yang melakukan pembelajaran menggunakan model Listening Team
memiliki rata-rata nilai sebesar 86,5195; varians 125,91; simpangan baku 11,22; dan
normalitas L0 = 0,136 < Ltabel = 0,1401 yang berarti populasi berdistribusi normal.
Sedangkan pada kelas kontrol yang melakukan pembelajaran menggunakan model
ceramah memiliki rata-rata nilai sebesar 71,96; varians 76,22; simpangan baku 8,73;
dan normalitas L0 = 0,121 < Ltabel = 0,1401 yang berarti populasi berdistribusi normal.
Kedua kelas sampel dinyatakan homogen berdasarkan uji homogenitas Fhitung = 1,652 <
Ftabel = 1,705. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung = 4,578
> ttabel1,994. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Listening Team terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur
instrinsik teks drama oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten
Labuhan Batu tahun pembelajaran 2017-2018.