Research Repository

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa SMP Swasta Pelita Medan T.P 2016/2017.

Show simple item record

dc.contributor.author Daulay, Rahmad Azhari
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:20:24Z
dc.date.available 2020-11-17T08:20:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12805
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan T.P 2016/2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan T.P 2016/2017. Metode dalam penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes yakni pre-test dan post-test. Yang menjadi subjek adalah kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 38 orang terdiri dari 17 siswa laki laki dan 21 siswa perempuan.Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwasanya kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan ditinjau dari segi indikator interpretasinya sebelum diterapkannya model Numbered Head Together diperoleh 19,48% dan setelah diterapkan model Numbered Head Together diperoleh rata-rata 83,54%, dari segi indikator analisisnya sebelum diterapkannya model Numbered Head Together diperoleh 25,92% dan setelah diterapkan model Numbered Head Together diperoleh rata-rata 88,26%. Jika ditinjau dari segi indikator evaluasinya sebelum diterapkannya model Numbered Head Together diperoleh 25% dan setelah diterapkan model Numbered Head Together diperoleh rata-rata 86,98%. Jika ditinjau dari segi indikator inferensinya sebelum diterapkannya model Numbered Head Together diperoleh 16,84% dan setelah diterapkan model Numbered Head Together diperoleh rata-rata 84,1%. Oleh karena itu, dari penelitian yang telah penulis lakukan tentang analisis kemampuan berpikir kritis matematika menggunakan model Numbered Head Together pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan T.P 2016/2017 pada pokok bahsan SPLDV diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan meningkat dari sebelum dilakukannya model pembelajaran Numbered Head Together dan sesudah dilakukannya model Numbered Head Together en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Number Head Together en_US
dc.title Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa SMP Swasta Pelita Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account