Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Numbered Head Together dalam pokok bahasan Sistem Persamaan
Linier Dua Variabel pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan T.P
2016/2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Numbered Head Together dalam pokok bahasan Sistem Persamaan
Linier Dua Variabel pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan T.P
2016/2017. Metode dalam penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Instrumen yang
digunakan adalah berupa tes yakni pre-test dan post-test. Yang menjadi subjek adalah
kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 38 orang
terdiri dari 17 siswa laki laki dan 21 siswa perempuan.Berdasarkan dari hasil
penelitian dan pembahasan diperoleh bahwasanya kemampuan berpikir kritis pada
siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan ditinjau dari segi indikator
interpretasinya sebelum diterapkannya model Numbered Head Together diperoleh
19,48% dan setelah diterapkan model Numbered Head Together diperoleh rata-rata
83,54%, dari segi indikator analisisnya sebelum diterapkannya model Numbered
Head Together diperoleh 25,92% dan setelah diterapkan model Numbered Head
Together diperoleh rata-rata 88,26%. Jika ditinjau dari segi indikator evaluasinya
sebelum diterapkannya model Numbered Head Together diperoleh 25% dan setelah
diterapkan model Numbered Head Together diperoleh rata-rata 86,98%. Jika ditinjau
dari segi indikator inferensinya sebelum diterapkannya model Numbered Head
Together diperoleh 16,84% dan setelah diterapkan model Numbered Head Together
diperoleh rata-rata 84,1%. Oleh karena itu, dari penelitian yang telah penulis lakukan
tentang analisis kemampuan berpikir kritis matematika menggunakan model
Numbered Head Together pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan T.P
2016/2017 pada pokok bahsan SPLDV diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan
berpikir kritis matematika siswa kelas VIII-A SMP Swasta Pelita Medan meningkat
dari sebelum dilakukannya model pembelajaran Numbered Head Together dan
sesudah dilakukannya model Numbered Head Together