Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas
VII SMP An-Nadwa Islamic Centre Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah ada pengaruh model pembelajaran Take And Give terhadap hasil belajar
matematika siswa SMP An-Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017 dan untuk
mengetahui apakah model pembelajaran Take And Give lebih baik dari model
konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa SMP An-Nadwa Islamic
Centre Binjai T.P 2016/2017. Penelitian dilaksanakaan di SMP An-Nadwa Islamic
Centre Binjai yang beralamat di Jl. Teuku Umar No.89 Binjai. Populasi pada
penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah
60 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling sehingga ditetapkan
sampel yang digunakan adalah kelas VII-A yang berjumlah 28 siswa . Instrumen
penelitian menggunakan tes tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 10 item yang
diambil dari bank soal. Dari hasil analisis data tes tanpa menggunakan model
pembelajaran Take And Give diperoleh mean 69,79 dan standar deviasi 7,005.
Sedangkan untuk data tes yang menggunakan model pembelajaran Take And Give
diperoleh mean 81,11 dan standar deviasi 6,87. Penelitian menggunakan uji liliefors
untuk mengetahui normalitas data hasil belajar. Pengujian hipotesis dilakukan
menggunakan uji t dengan dk = n1 – 1 dan dk = n2 – 1 pada α = 0,05. Dari data
perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,43 > 2,006, yang artinya Ha
diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengatuh
penggunaan model pembelajaran Take And Give terhadap hasil belajar matematika
pada siswa SMP An-Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017.