Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana
aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran MATRIX untuk
meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 5
Medan T.P 2016/2017? Apakah penerapan metode pembelajaran MATRIX dapat
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa di kelas VIII B SMP
Muhammadiyah 5 Medan T.P 2016/2017? Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah
Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode
pembelajaran MATRIX dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Untuk
mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran MATRIX dapat meningkatkan
hasil belajar matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B
SMP Muhammadiyah 5 Medan yang berjumlah 27 orang, dengan jumlah siswa lakilaki 17 orang dan jumlah siswi perempuan 10 orang. Instrument yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat hasil
belajar matematika siswa yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak tiga
siklus, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa. Dari
hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok
bahasan lingkaran dengan hasil tes awal 25,93% dan pada siklus I meningkat menjadi
51,85% dan pada siklus II menjadi 74,07% dan pada siklus III menjadi 88,89% atau
ditinjau dari tingkat ketuntasan hasil belajar maka dari hasil tes awal diperoleh 20
siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I diperoleh menjadi 13
siswa dan pada siklus II menjadi 7 siswa dan pada siklus III menjadi 3 siswa. Dan
dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal memperoleh
74,07% dan siklus I 48,15% dan siklus II 25,93% dan siklus III 11,11%. Dari analisis
yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran MATRIX dapat
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-B SMP
Muhammadiyah 5 T.P 2016/2017.