Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Swasta Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Arifin, Muhammad
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:18:56Z
dc.date.available 2020-11-17T08:18:56Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12801
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatkan motivasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017? Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika kelas VII-1 SMP Swasta Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatkan motivasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung yang berjumlah 30 orang, dengan jumlah siswa 17 orang dan jumlah siswi 13 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk melihat indikator motivasi belajar dalam mengerjakan tes sedangkan tes digunakan untuk melihat motivasi belajar matematika siswa yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan motivasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Himpunan dengan hasil tes awal 52,16% dan pada siklus I meningkat menjadi 67% dan pada siklus II menjadi 75,5% dan pada siklus III menjadi 81,83% atau ditinjau dari tingkat ketuntasan motivasi maka dari hasil tes awal diperoleh 22 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I diperoleh menjadi 16 siswa dan pada siklus II menjadi 10 siswa dan pada siklus III menjadi 4 siswa. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal memperoleh 47,84% dan siklus I 33% dan siklus II 24,5% dan siklus III 18,17%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Motivasi Belajar Matematika en_US
dc.subject Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Swasta Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account