Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)
Apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung Tahun
Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatkan motivasi belajar matematika
melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada
siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017?
Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah
penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat
meningkatkan motivasi belajar matematika kelas VII-1 SMP Swasta Bandung Tahun
Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatkan motivasi belajar
matematika melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and
Learning pada siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung
yang berjumlah 30 orang, dengan jumlah siswa 17 orang dan jumlah siswi 13 orang.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi
digunakan untuk melihat indikator motivasi belajar dalam mengerjakan tes sedangkan
tes digunakan untuk melihat motivasi belajar matematika siswa yaitu berbentuk
uraian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus.
Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan motivasi belajar matematika
siswa pada pokok bahasan Himpunan dengan hasil tes awal 52,16% dan pada siklus I
meningkat menjadi 67% dan pada siklus II menjadi 75,5% dan pada siklus III
menjadi 81,83% atau ditinjau dari tingkat ketuntasan motivasi maka dari hasil tes
awal diperoleh 22 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I
diperoleh menjadi 16 siswa dan pada siklus II menjadi 10 siswa dan pada siklus III
menjadi 4 siswa. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan
awal memperoleh 47,84% dan siklus I 33% dan siklus II 24,5% dan siklus III
18,17%.
Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika
siswa kelas VII-1 SMP Swasta Bandung T.P 2016/2017.