Research Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa SMP Muhamadiyah 03 medan Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Br Ginting, Rafika
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:18:17Z
dc.date.available 2020-11-17T08:18:17Z
dc.date.issued 2017-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12799
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses Pembelajaran Melalui metode demonstrasi bagi siswa kelas VIII SMP Muhamadiyah 03 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek disini adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 40 orang. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, Lalu dilakukan pembelajaran kubus dengan menggunakan metode demonstrasi yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I, Tes Hasil Belajar II dan tes hasil belajar III yang berbentuk Essay. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan metode demonstrasi (pre test) diperoleh 2 siswa (5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 38 siswa (95%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 41%. Kemudian dilakukan pembelajaran dari tes hasil belajar siklus I dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh 10 siswa (25%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 30 siswa (75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 58,25%. Kemudian dilakukan pembelajaran dari tes hasil belajar siklus II dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh 22 siswa (55%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (45%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 73,25%. Kemudian dilakukan pembelajaran tes hasil belajar siklus III dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh 35 siswa (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar,sedangkan 5 siswa (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar.Dengan rata-rata 81%Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II Dan siklus III Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I, siklus II dan siklus III. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui metode demonstrasi Smp Muhamadiyah 03 medan Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.subject HASIL BELAJAR, METODE DEMONSTRASI en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa SMP Muhamadiyah 03 medan Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account