Abstract:
Metode Learning Start With A Question dalah suatu metode pembelajaran
aktif dalam bertanya. Dimana proses pembelajaran akan lebih efektif jika peserta
didik tersebut aktif bertanya dari pada hanya menerima apa yang disampaikan oleh
guru,dengan metode ini suasana belajar akan lebih hidup,komunikasi antara siswa
dan guru dapat terjalin dengan baik sehingga pada akhirnya akan meningkatkan hasil
dan kemampuan belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini Untuk mendiskripsikan
bahwa kemampuan belajar matematika siswa dengan menggunakan Metode
Learning Start With A Question lebih baik dari kemampuan belajar matematika siswa
dengan metode konvensional dengan pokok bahasan logika matematika pada siswa
MAS Ibaddurrahman Stabat Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimental semu dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas X
MAS Ibadurrahman Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 58 siswa. Adapun
sampel dalam penelitian adalah kelas X-A berjumlah 29 siswa sebagai kelas
Eksperimen dan kelas X-B berjumlah29 siswa sebagai kelas Kontrol.Instrumen yang
digunakan berbentuk tes soal uraian sebanyak 10 soal. Berdasarkan perhitungan yang
dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis komparatif dua sampel diperoleh nilai
thitnng > ttabel yaitu 2,271 > 1,684 yang berarti bahwa terdapat perbedaan antara
peningkatan kemampuan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, Dan perbedaan
peningkatan untuk kelas eksperimen sebesar 24,55 lebih besar dari nilai peningkatan
untuk kelas kontrol sebesar 21,13. Dengan demikian kemampuan belajar
matematika siswa dikelas eksperimen lebih baik daripada dikelas kontrol. Dan dapat
disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Metode Learning Start With A
Question Terhadap Kemamapuan Belajar Matematika Siswa MAS Ibaddurrahman
Stabat Tahun Pelajaran 2016/2017.