Abstract:
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) apakah ada pengaruh
pemberian penguatan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII pada
materi kubus dan balok semester genap T.P 2016/2017 (2) berapa persen
pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas
VIII pada materi kubus dan balok T.P 2016/2017.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian
penguatan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII pada materi
kubus dan balok T.P 2016/2017. (2) Untuk mengetahui berapa persen pengaruh
pemberian penguatan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII pada
materi kubus dan balok T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP N 3 Salang T.P 2016/2017 yang terdiri dari satu kelas berjumlah
32 siswa, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII
yang berjumlah 32 siswa. Sebelum uji hipotesis dilakukan, terlebih dahulu
dilakukan uji normalitas, setelah dilakukan uji normalitas ternyata variabe X dan
Y memiliki sebarang data normal. Hasil analisis regresi memperoleh data
diperoleh rata-rata skor observasi untuk variabel Y adalah : 77,4921875 serta Sy (
simpangan baku) 48,50825154 dengan koefisien korelasi diperoleh sebesar
0,135196327 dan diperoeh uji determinasi sebesar 1,82% sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebesar 1,82 % terhadap
motivasi belajar matematika siswa dari hasil pemberian penguatan sedangkan
98,18 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti