Abstract:
Dalam belajar matematika diperlukan adanya proses pembelajaran yang baik. Salah
sau ciri dari proses pembelajaran yang baik adalah adanya bahan ajar yang baik dan
sesuai dengan kurikulum serta karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
tentang pengembangan lembar kerja siswa pada materi himpunan. Tahapan
pengembangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan model desain Dick and
Carey yaitu desain model pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan
sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
matematika dengan materi himpunan berupa lembar kerja siswa yang diharapkan
dapatmeningkakan kemampuan berfikir kritis siswa. Bahan pembelajaran yang
dikembangkan menggunakan pendekatan desain Dick and Carey yang diharapkan
menghasilkan kualitas bahan ajar yang baik. Hasil uji validasi ahli media dieroleh
dengan rata-rata 3,85, oleh ahli materi sebesar 3,73, dan dosen sebesar 4,07. Sehingga
nilai rata-rata dari validator adalah 3,88 valid dan baikuntuk digunakan sebagai bahan
ajar. Sedangkan respon siswa terhadap LKS pada materi himpunan adalah sebesar
4,42 tergolong kategori sangat baik. Setelah dilakukan revisi maka LKM materi
himpunan layak digunakan sebagai bahan ajar matematika di kelas VII SMP.