Abstract:
Yang menjadi rumusan masalah adalah Berdasarkan latar belakang diatas, dan
batasan masalah yang diuraikan maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai
berikut “Apakah pembelajaran yang menggunakan model Inside Outside Cricle dapat
meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP An-nadwa
Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017”.
Tujuan dalam penelitian ini adalah Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan
penelitian ini adalah “Untuk mengetahui apakah pembelajaran yang menggunakan
model Inside Outside Cricle dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada
siswa kelas VIII SMP An-nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017”.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP An-nadwa Islamic
Centre Binjai T.P 2016/2017 yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 6 oang lakilaki dan 25 orang perempuan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada pokok
bahasan Lingkaran pada siswa kelas VIII SMP An-nadwa Islamic Centre Binjai
dengan menggunakan model Inside Outside Cricle.
Dari hasil penelitian dapat dilihat dari 31 siswa hanya 6 orang siswa yang tuntas
dengan presentase sebesar 19%. Pada siklus I setelah menggunakan model Inside
Outside Cricle terjadi peningkatan dari 31 siswa ada 9 siswa yang mencapai kategori
cukup dan presentsi motivasinya yaitu 29% dengan rata-rata motivasinya adalah 1,3
dengan kategori kurang dan pada siklus II terjadi peningkatan dari 31 siswa ada 9
orang yang dikategorikan baik dan presentase motivasinya yaitu 71% dengan ratarata motivasinya adalah 1,6 dengan kategori cukup dan pada siklus III terjadi
peningkatan dari 31 siswa ada 10 orang yang di kategorikan baik dan presentase
motivasinya yaitu 66% dengan rata-rata motivasinya adalah 2,3 dengan kategori
cukup dan pada siklus IV kembali terjadi peningkatan dari 31 siswa ada 4 siswa yang
memiliki kategori baik dan persentase motivasinya yaitu 87%dengan rata-rata
motivasinya 3,2 dengan kategori baik.