Research Repository

Perbedaan KemampuaanPemecahan Masalah Menggunakan Group Investigation Dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada siswa SMP Amal Bakti Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Fadillah, Nora
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:10:33Z
dc.date.available 2020-11-17T08:10:33Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12776
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kookpratif tipe Group Investigation bila dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Bassed Learning pada pokok bahasan pada sistem persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Amal bakti Medan Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Amal Bakti Medan Tahun Pelajaran 2016 /2017. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 38 orang siswa pada kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Bassed Learning. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postes,sebagai alat pengumpul data digunakan instrument tes dalam bentuk tes uraian,yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 3 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum penguji hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Dari analisa data selisih pretes dengan postes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh yaitu 2,2641 1,667 sehingga untuk uji hipotesisnya ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran koopratif tipe Group Investigation berbeda dengan model Problem Bassed Learning. Dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kookprattif Tipe Group Investigation dan model pembelajran Problem Bassed Learning. en_US
dc.subject kookprattif Tipe Group Investigation dan model pembelajran Problem Bassed Learning. en_US
dc.title Perbedaan KemampuaanPemecahan Masalah Menggunakan Group Investigation Dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada siswa SMP Amal Bakti Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account