Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
penggunaan pembelajaran model project based learning dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP
KartikaMedanT.P2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
penggunaan pembelajaran model project based learning dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP
Kartika Medan T.P 2016/2017. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi untuk melihat aktivitas siswa dan guru, dan tes untuk melihat ketercapaian
hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran pada pembelajaran pada siklus I di
perolah rata – rata aktivitas siswa yang masih dalam kategori sedang dan pada
aktivitas guru juga pada kategori sedang yaitu secara klasikal pada aktivitas siswa
ialah 1,8 dan aktivitas guru 2,3. Dan pada tes awal 33%, kemudian meningkat pada
siklus I dimana tingkat ketuntasan secara klasikal menjadi 56% dan meningkat lagi
pada siklus II mencapai 89%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII
SMP Kartika Medan T.P 2016/2017.