Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Tehadap Hasil Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Belawan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Samosir, Ashri Huda
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:07:05Z
dc.date.available 2020-11-17T08:07:05Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12766
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran probing prompting dan hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model kovensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah Belawan TP. 2016/2017?. Bagaimanakah hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah Belawan TP. 2016/2017?. Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran probing prompting dibandingkan dengan menggunakan model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah Belawan TP. 2016/2017 ?. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII di salah satu SMP Muhammadiyah Belawan. Sampelnya adalah siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 42 dan 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two Group Pre Test Post Test only. Instrument yang digunakan adalah soal pretest dan posttest tentang himpunan. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai probabilitas (Sig.) 0,430 maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model probing prompting dibandingkan dengan model konvensional. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran probing prompting pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak diterapkan model dalam proses pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Belawan Tahun Pelajaran 2016/2017. en_US
dc.subject Probing Prompting en_US
dc.subject konvensional en_US
dc.subject hasil belajar matematika en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Tehadap Hasil Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Belawan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account