Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Picture and Picture
terhadap kemampuan menulis poster oleh siswa kelas VIII SMP
MUHAMMADIYAH 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi pada
penelitian ini berjumlah 141 siswa. Sampel berjumlah 74 siswa yang terdiri dari kelas
eksperimen dan kelas kontrol diberi perlakuan yang berbeda,yaitu pada kelas
eksperimen siswa menanggapi menulis poster dengan menggunakan model
Pictureand Picture pada kelas kontrol siswa menggunakan model konvensional.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
menggunakan post-test only control deseign dan penelitian ini menggunakan alat
pengumpul data berupa tes, yaitu tes tertulis. Hasil analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji hipotesis atau uji –t. Hasil penguji pada taraf dengan taraf
signifikan α = 0,05% dengan dk = n1 + n2 – 2 = 72, maka 1,66629. Dengan demikian
dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 3,037 > 1,66629 maka Ho ditolak dan
Ha diterima. Dengan demikian,hasil kemampuan siswa dalam kemampuan
menanggapi menulis poster yang diajarkan dengan menggunakan model picture and
picture lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model konvensional menulis poster oleh Siswa Kelas VIII SMP
MUHAMMADIYAH 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.