Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Menggunakan Model Means Ends Analysis Pada Siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Simatupang, Nengsi Dameria
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:06:13Z
dc.date.available 2020-11-17T08:06:13Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12763
dc.description.abstract Model Means Ends Analysis merupakan suatu model pembelajaran yang mengoptimalkan kegiatan pemecahan masalah, dengan melalui pendekatan heuristik. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pembelajaran matematika melalui model means ends analysis dapat meningkatkan aktivitas siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli. 2) Apakah pembelajaran matematika melalui model means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Means Ends Analysis pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2016/2017. Untuk mengetahui pembelajaran matematika melalui model Means Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Labuhan Deli yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model means ends analysis meningkat, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar matematika siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan lingkaran dengan hasil 72,17% pada siklus I, meningkat menjadi 81,24% pada siklus II, dan 85,64% pada siklus III, atau ditinjau dari tingkat ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa 59,37% pada siklus I, 75.00% pada siklus II, 90,63% pada siklus III. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa dalam kemampuan berpikir kritis diperoleh 40,63% pada siklus I, 25,00% pada siklus II, 9,37% pada siklus III. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2016/2017. en_US
dc.subject KemampuanBerpikir Kritis Siswa en_US
dc.subject Model Pembelajaran Means Ends Analysis en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Menggunakan Model Means Ends Analysis Pada Siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account