Research Repository

Pengaruh Penggunaan Model Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Penalaran Pada Mata Pelajaran Matematika dikelas IX SMP Swasta AL-Hikmah Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Rivai, Muhammad Arief
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:04:55Z
dc.date.available 2020-11-17T08:04:55Z
dc.date.issued 2016-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12761
dc.description.abstract Observasi awal pada kelas IX-3 di SMP Swasta AL-Hikmah menunjukan rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika dalam bentuk essay. Hasil observasi kelas menunjukkan bahwa banyak siswa yang kurang memahami bentuk essay, sehingga mereka kesulitan dalam memecahkan soal-soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam pelajaran matematika pokok bahasan pangkat dan akar, setelah diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas Eksperimen untuk IX-2 dan kelas Kontrol untuk IX-3 dimana masingmasing kelas terdiri dari 40 orang siswa. Model pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Hasil pre-test dijadikan parameter pengukur kemampuan penalaran siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan hasil post-test merupakan parameter pengukur kemampuan penalaran siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk kelas eksperimen. Berdasarkan data yang telah diolah dengan Ms.Exxel, pada saat kondisi awal (pretest) diperoleh nilai mean sebesar 36,33 dan setelah diberikannya model Missouri Mathematics Project saat diadakannya post-test sebesar 79,77. Peningkatan nilai mean tersebut menandakan bahwa setelah diberikan model pembelajaran Missouri Mathematics Project, hasil belajar siswa cenderung meningkat atau jauh lebih baik. Dari uji t diperoleh thitung = 18,029 dan ttabel = 2,134. Maka H0 ditolah dan Ha diterima. Dengan demikian dapat diambil bahwa “ Ada pengaruh yang signifikan dipertemuan eksperiment antara model Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan pangkat dan akar dikelas IX SMP Swasta AL-Hikmah Medan Tahun Pelajaran 2016/2017”. en_US
dc.subject Missouri Mathematics Project en_US
dc.subject Kemampuan Penalaran en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Penalaran Pada Mata Pelajaran Matematika dikelas IX SMP Swasta AL-Hikmah Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account