Abstract:
Observasi awal pada kelas IX-3 di SMP Swasta AL-Hikmah menunjukan
rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa dalam mengerjakan soal-soal
matematika dalam bentuk essay. Hasil observasi kelas menunjukkan bahwa banyak
siswa yang kurang memahami bentuk essay, sehingga mereka kesulitan dalam
memecahkan soal-soal tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam
pelajaran matematika pokok bahasan pangkat dan akar, setelah diterapkan model
pembelajaran Missouri Mathematics Project. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 kelas
yaitu kelas Eksperimen untuk IX-2 dan kelas Kontrol untuk IX-3 dimana masingmasing kelas terdiri dari 40 orang siswa.
Model pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Hasil pre-test
dijadikan parameter pengukur kemampuan penalaran siswa sebelum diterapkannya
model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan hasil post-test merupakan
parameter pengukur kemampuan penalaran siswa setelah diterapkannya model
pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk kelas eksperimen.
Berdasarkan data yang telah diolah dengan Ms.Exxel, pada saat kondisi awal (pretest) diperoleh nilai mean sebesar 36,33 dan setelah diberikannya model Missouri
Mathematics Project saat diadakannya post-test sebesar 79,77. Peningkatan nilai
mean tersebut menandakan bahwa setelah diberikan model pembelajaran Missouri
Mathematics Project, hasil belajar siswa cenderung meningkat atau jauh lebih baik.
Dari uji t diperoleh thitung = 18,029 dan ttabel = 2,134. Maka H0 ditolah dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat diambil bahwa “ Ada pengaruh yang signifikan dipertemuan
eksperiment antara model Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan
penalaran matematika siswa pada pokok bahasan pangkat dan akar dikelas IX SMP
Swasta AL-Hikmah Medan Tahun Pelajaran 2016/2017”.