Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw
terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat oleh siswa kelas XI
MAS AL-Washliyah 22 Tembung Tahun Pembelajaran 2016-2017. lokasi penelitian
dilaksanakan di MAS AL-Washliyah 22 Tembung. Pada penelitian ini yang akan
menjadi populasi adalah kelas XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung Tahun
Pembelajaran 2016-2017 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 116 siswa. Namun
peneliti hanya mengambil 2 kelas saja dengan sampel 72 orang, yakni kelas XI-IPA
yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima
pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelas XI-IPS A
yang berjumlah 45 siswa sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerima
pembelajaran dengan menggunakan model ceramah.Peneliti menggunakan metode
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan metode konvensional. Instrumen
atau alat yang digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah tes esai
yaitu kemampuan mengidentifiksai usur intrinsik hikayat. Dari kelas eksperimen
diperoleh nilai rata-rata mean 71,7 dan nilai standar deviasi 3,6, kelas kontrol nilai
rata-rata mean 51,9 dan nilai standar deviasi 2,8.hasil ini dapat ditandai dengan hasil
thitung> tabel ( 7,6 > 3,13 ) artinya nilai thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat oleh siswa
kelas XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung Tahun Pembelajaran 2016-2017