Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Pemodelan Tayangan “Hitam
Putih” terhadap Kemampuan Menulis Teks Wawancara oleh Siswa Kelas VIII SMP
PAB 3 Saentis Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2016-2017”. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP PAB 3 Saentis Percut Sei Tuan tahun
pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 227 orang siswa yang terdiri dari 6 kelas.
Untuk menentukan sampel, penelitian ini menggunakan random sampleng, yaitu
mengambil kelas VIII-1 berjumlah 39 orang siswa sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan pemodelan tayanagan “Hitam Putih” dan kelas VIII-2 berjumlah 38
orang siswa sebagai kelas kontrol dengan tidak menggunakan pemodelan tayangan
“Hitam Putih” dengan total sampel berjumlah 77 orang siswa.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain posttest
only control desiagn dan menggunakan instrumen penelitian berupa tes essai, yaitu
menulis teks wawancara. Penelitian ini menggunakan uji “thitung”.Hasil peneltian yang
dilakukan, diperoleh mean (nilai rata-rata) kelas eksperimen adalah 83,35 dan mean
kelas kontrol adalah 47,86. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan pemodelan tayangan “Hitam Putih” berpengaruh signifikan terhadap
kemampuan menulis teks wawancara oleh siswa kelas VIII SMP PAB 3 Saentis
Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2016-2017. Hal ini terbukti dengan uji statistik
yang dilakukan. Berdasarkan uji-t dengan membandingkan thitung dengan ttabel,
diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,21 lebih besar dari 1,66. Dengan demikian, Ha diterima
dan Ho ditolak dengan pengertian ada pengaruh yang signifikan pemodelan tayangan
“Hitam Putih” terhadap kemampuan menulis teks wawancara oleh siswa kelas VIII
SMP PAB 3 Saentis Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2016-2017