Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar
matematika setelah menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually
Repetition (AIR). Untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika setelah
menggunakan model pembelajran Cooperative Script. Untuk mengetahui apakah
hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pada model
pembelajaran Cooperative Script pada materi kubus dan balok dikelas VIII MTs.
Islamiyah Sunggal T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII MTs. Islamiyah Sunggal yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 132
siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A yang
berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-B yang berjumlah 34
sebagi kelas eksperimen 2. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh rata-rata
nilai pretes kelas eksperimen 1 adalah 63,147 dan nilai rata-rata post-test adalah
79,617. Sedangkan untuk kelas eksperimen 2 rata-rata nilai pertes adalah 60,647 dan
nilai rata-rata post-test adalah 75,941. Dan hasil perhitungan menggunakan uji pihak
kanan diperoleh harga t' = 12,219 setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 1,70
ternyata t' > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan
“bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran
Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik darp pada menggunakan model
pembelajaran Cooperative Script pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs.
Islamiyah Sunggal T.P 2016/2017”.