Research Repository

Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Dengan Tehnik Problem Promting Siswa SMK Muhammadiah 9 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Mahdalena
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:54:26Z
dc.date.available 2020-11-17T07:54:26Z
dc.date.issued 2017-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12745
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem-promting dapat efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa?Bagaimana Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem-promting?Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran problem-promting efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika siswa.Untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem-promting. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tehnik Sepeda Motor SMK Muhammadiah 9 Medan yang berjumlah 30 orang, dengan jumlah siswa 13 orang dan jumlah siswa 17 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Tes digunakan untuk melihat kemampuan berpikir dan pemahaman konsep belajar matematika siswa yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, sedangkan observasi digunakan untuk melihat indicator kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa dalam mengerjakan tes. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa pada pokok bahasan Persemanaan Linear Satu Variabel (PLSV) Dengan hasil tes awal 20% dan pada siklus I meningkat menjadi 50% dan pada siklus II menjadi 90% atau ditinjau dari tingkat ketuntasan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa mka dari tes awal diproleh 24 siswa, yang memproleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I diproleh menjadi 15 siswa, dan pada siklus II menjadi 3 siswa. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal memproleh 80% dan siklus I 50% dan pada siklus II memproleh 10%, Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem-promting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas X Tehnik Sepeda Motor SMK Muhammadiah 9 Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep belajar matematika siswa, model pembelajaran problem-promting en_US
dc.title Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Dengan Tehnik Problem Promting Siswa SMK Muhammadiah 9 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account