Abstract:
Adapun yang menjadirumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
penggunaan model Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi
kubus dan balok dikelas VIII-2 pada MTs.Proyek Kandepag Medan T.P 2016/2017?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengggunaan model
pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi kubus
dan balok dikelas VIII-2 pada MTs .Proyek Kandepag Medan T.P 2016/2017.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 36 siswa.
Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa dengan model
Artikulasi pada pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian ini dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi dan
tes.
Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes siklus I
menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai 61,11% (22siswa), dan siklus
II mencapai 88,89% (34siswa), danterjadipeningkatan 27,78 % dengan demikian
makasiklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena >80 % siswa
yang mencapai ketuntasan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model belajar Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa MTs.
Proyek Kandepak Medan T.P 2016/2017.