Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apakah pendekatan Creative
Problem Solving lebih efektiv dibandingkan pendekatan konvensional terhadap
kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan
T.P 2016/2017?, 2. Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah siswa
menggunakan pendekatan Creative Problem Solving dibandingkan pendekatan
konvensional pada siswa kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan T.P 2016/2017?.
Tujuan penelitian adalah 1. untuk mengetahui apakah penggunakan
pendekatan Creative Problem Solving efektiv terhadap kemampuan pemecahkan
masalah menghitung luas dan keliling lingkaran pada siswa Kelas VIII SMP Harapan
Mekar Medan T.P 2016/2017, 2. Untuk mengetahui seberapa besar creative siswa
dalam memecahkan masalah menghitung luas dan keliling lingkaran pada siswa kelas
VIII SMP Harapan Mekar Medan T.P 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Harapan Mekar
Medan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 88 siswa. Kemudian penulis
mengambil sampel pada kelas eksperimen adalah VIII-B dengan jumlah 45 siswa
menggunakan pendekatan creative problem solving dan kelas control adalah VIII-C
dengan jumlah siswa 43 siswa menggunakan pendekatan konvensional.
Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Hasil pada taraf nyata 5%
yang menunjukkan bahwa Efektivitaspendekatan Creative Problem Solving Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika diperoleh thitung = 4,3 dengan taraf
nyata ɑ = 0,05, dk = 82 diperoleh ttable = 1,9922. Dengan demikian thitung > ttabel maka
Ha diterima dan Ho ditolak, berarti kemampuan pemecahan masalah matematika
sesudah menggunakan pendekatan creative problem solving lebih baik dibandingkan
menggunakan pendekatan konvensional.