Research Repository

Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Mengguunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Farabi, Irham
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:44:54Z
dc.date.available 2020-11-17T07:44:54Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12729
dc.description.abstract Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika simswa SMK Negeri 1 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk essai tes sebanyak 3 tes terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir soal untuk siklus I dan 10 butir soal untuk siklus II. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran. Subjek dalam peelitian ini adalah siswa kelas XI PM1 SMK Negeri 1 Medan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil Penelitian dapat dilihat peningkatan pemahaman konsep yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada tes awal sebanyak 13 siswa (34.21%) yang tuntas sedangkan 25 siswa (65.79%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 21 siswa (55.26%) yang tuntas sedangkan 17 siswa (44.74%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi 33 siswa(87%) yang tuntas sedangkan 5 siswa (13%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%. Sedangkan rata-rata tingkat pemahaman konsep siswa pada pra siklus 2,24 kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 2,85 kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3.5 dalam kategori baik. en_US
dc.subject emahaman konsep matematika en_US
dc.subject model pembelajaran reciprocal teaching en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Mengguunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account