Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan
dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan
menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan
pemahaman konsep matematika simswa SMK Negeri 1 Medan. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis
dalam bentuk essai tes sebanyak 3 tes terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir
soal untuk siklus I dan 10 butir soal untuk siklus II. Sementara observasi dilakukan
dengan mengamati pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran.
Subjek dalam peelitian ini adalah siswa kelas XI PM1 SMK Negeri 1 Medan
tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 siswa, sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching
untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Dari hasil Penelitian dapat dilihat peningkatan pemahaman konsep yaitu
tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching
pada tes awal sebanyak 13 siswa (34.21%) yang tuntas sedangkan 25 siswa (65.79%)
belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 21 siswa
(55.26%) yang tuntas sedangkan 17 siswa (44.74%) belum tuntas. Kemudian pada
siklus II meningkat lagi 33 siswa(87%) yang tuntas sedangkan 5 siswa (13%) belum
tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai
indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%. Sedangkan rata-rata tingkat
pemahaman konsep siswa pada pra siklus 2,24 kategori kurang, pada siklus I
meningkat menjadi 2,85 kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi
3.5 dalam kategori baik.