Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Critical Incident terhadap Kemampuan Menanggapi Isi Laporan Perjalanan oleh Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Rafika Sairani
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:42:49Z
dc.date.available 2020-11-17T07:42:49Z
dc.date.issued 2016-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12726
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran critical incident terhadap Kemampuan Menanggapi Isi Laporan Perjalanan oleh Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 121 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 58 siswa yaitu 29 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran critical incident dan 29 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan menaggapi laporan perjalanan digunakan tes dalam bentuk esai. Dalam hal ini siswa menjawab pertanyaan dengan cermat dan secara individu. Setelah data analisis diketahui kemampuan menanggapi laporan perjalanan kels VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat “cukup” dengan nilai rata-rata 73,72 dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan menanggapi laporan perjalanan siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat “sangat kurang” dengan nilai rata-rata 53,55 dalam kelas kontrol. Setelah dicari kemampuan menanggapi laporan perjalanan menggunakan rumus uji-t diketahui thitung = 5,507 . Hasil thitung diperoleh, selanjutnya di konsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikan α = 0,05 dengan dk (n1+n2) – 2, dk (29+29) - 2 = 56, maka dapar ttabel = 2,003. Oleh karena itu thitung>ttabel yaitu 5,507 > 2,003. Dengan demikian hipotesis berbunyi “Terdapat pengaruh model pembelajaran Critical Incident terhadap kemampuan menaggapi laporan perjalanan dapat diterima en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran Critical Incident en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Critical Incident terhadap Kemampuan Menanggapi Isi Laporan Perjalanan oleh Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account