Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan
menggunakan metode resitasidalam tugas terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar
matematika di sekolah SMA Asuhan Daya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017?Sebagai tujuan
dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematika
dengan menggunakan metodeResitasidalamtugasterstruktur. Untuk mengetahui apakah dengan
menggunakan metode resitasi dalam tugas terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar
matematika di sekolah SMA Asuhan Daya Medan tahun Pelajaran 2016/2017yang berjumlah 31
orang, dengan jumlah siswa 8 orang dan jumlah siswi 23 orang. Instrument yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat kemampuan
penalaran matematika siswa yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus,
sedangkan observasi digunakan untuk melihat indikator kemampuan hasilbelajarmatematika
siswa dalam mengerjakan tes. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasilbelajar
matematika siswa pada pokok bahasan Fungsikomposisi dengan hasil tes awal 23% dan pada
siklus I meningkat menjadi 42% dan pada siklus II menjadi 68% dan pada siklus III menjadi
87% atau ditinjau dari tingkat ketuntasan hasil tes awal diperoleh 24 siswa yang memperoleh
nilai kurang dari 75 dan pada siklus I diperoleh menjadi 18 siswa dan pada siklus II menjadi 10
siswa dan pada siklus III menjadi 4 siswa. Dan dapat dilihatpersentase dari ketidaktuntasan siswa
pada tes kemampuan awal memperoleh 77% dan siklus I 58% dan siklus II 32% dan siklus III
13%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
metodeResitasidalamtugasterstrukturdapat meningkatkan hasilbelajar matematika siswa kelas XI
– IPS SMA AsuhanDayaMedan TahunPelajaran 2016/2017.