Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan peneliti: Bagaimana
keefektifan belajar matematika siswa dengan model Time Token pada pokok bahasan
Relasi dan Fungsi pada siswa SMA Swasta PERSIAPAN Stabat T.P 2016/2017?
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 SMA Swasta PERSIAPAN Stabat
T.P 2016/2017, yang berjumlah 35 orang dan yang menjadi objek penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika dengan model Time
Token. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang
dibantu data kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi meliputi
(Aktivitas belajar siswa dan Kemampuan guru mengelola pembelajaran) dan angket.
Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,71 dengan 15
siswa yang tuntas dan 20 siswa yang tidak tuntas serta ketuntasan klasikal sebesar
42,71% dan berada pada katagori Kurang Efektif. Sedangkan pada tes akhir diperoleh
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,4%, dengan 30 siswa yang tuntas, dan 5 siswa
yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar
85,71% ditinjau dari aktivitas siswa 71,87% dan berada pada katagori Aktif dalam
aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
memperoleh persentase sebesar 82,85% dan berada dalam katagori baik dalam
mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase sebesar
78% dan berada pada katagori Positif dalam merespon pembelajaran dikelas.
Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
matematika yang dilaksanakan dengan model Time Token pada pokok bahasan
Relasi dan Fungi efektif pada siswa SMA Swasta PERSIAPAN Stabat T.P
2016/2017.