Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Pada siswa MTs Aisyiyah Sumatera Utara T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Perawansa, Fika Indah
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:36:49Z
dc.date.available 2020-11-17T07:36:49Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12718
dc.description.abstract Model Means-Ends Analysis adalah suatu model pembelajaran yang mengoptimalkan kegiatan pemecahan masalah yang memberikan kesempatan kepada siswa belajar dengan aktif mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri melalui pendekatan heuristik. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Lingkaran semester genap pada siswa kelas VIII MTs Aisyiyah Sumatera Utara T.P 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 29 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran MeansEnds Analysis pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data pada penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai 14% (4 siswa), siklus I mencapai 38% (11 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 24%, siklus II mencapai 65.5% (19 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 27.5%, serta siklus III mencapai 93.1% ( 27 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 27.6%. Dengan demikian pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Means-Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar pada siswa kelas VIII MTs Aisyiyah Sumatera Utara T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah en_US
dc.subject model pembelajaran Means- Ends Analysis en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Pada siswa MTs Aisyiyah Sumatera Utara T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account