Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah model yang terbaik antara
model STAD dan model Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika. Untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran STAD
(Student Teams Achievement Divisions ). Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa
setelah mengggunak model pembelajaran Snowball Throwing dalam pokok bahasan luas
permukaan kubus,balok, prisma dan limas dikelas VIII MTs.Al-Washliyah Kolam Kecamatan
Percut Sei Tuan TP.2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
MTs.Al-Washliyah Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah
150 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penilitian ini adalah kelas VIII-A yang
berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII C yang berjumlah 37 siswa
sebagai kelas eksperimen 2. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,diperoleh rata-rata nilai
pretes eksperimen 1 adalah 53,78 dan nilai rata-rata post-tes adalah 73,78. Sedangkan untuk
kelas eksperimen 2 rata-rata nilai pretes adalah 28,11 dan nilai rata-rata post-tes adalah 72,16.
Dan hasil perhitungan menggunakan uji pihak kanan diperoleh harga t’
= 4,0 setelah
dibandingkan dengan harga ttabel = 3,6 ternyata t’
> ttabel sehingga H0 diterima dan Ha ditolak.
Maka dapat disimpulkan “bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model
pembelajaran STAD lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran snowball throwing
pada pokok bahasan luas permukaan dan volume permukaan kubus,balo,prisma,limas dikelas
VIII MTs.Al-Washliyah Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan TP 2016/2017.